Laman

2 May 2016

Pengaruh besar muatan dan kosentrasi ion terhadap kecepatan koagulasi karena penambahan elektrolit


Bagaimana pengaruh dari besar muatan dan kosentrasi ion terhadap kecepatan koagulasi koloid karena penambahan elektrolit
Jawaban :
Pengaruh muatan terhadap kecepatan koagulasi, Jika koloid yang bermuatan positif dicampurkan dengan suatu larutan elektrolit, maka ion-ion negatif dari larutan elektrolit tersebut akan segera ditarik oleh pertikel-partikel koloid positif tersebut, akibatnya ukuran koloid menjadi sangat besar dan akan mengalami koagulasi. Sebaliknnya, koloid negatif akan menyerap ion-ion positif dari suatu larutan elektrolit. “ion negatif akan mengoagulasi koloid positif, dan juga sebaliknya”.

Pengaruh konsentrasi ion terhadap kecepatan koagulasi pada saat penambahan elektrolit, proses koagulasi semakin mudah jika konsentrasi ion dalam larutan makin besar, dan jika ukuran muatan ion yang berperan dalam proses koagulasi makin besar, dan juga sebaliknya.

Contoh proses koagulasi dengan penambahan elektrolit dalam kehidupan sehari-hari adalah penambahan tawas dalam proses penjernihan air, terbentuknya delta di muara sungai akibat lumpur (koloid) yang ada dalam air sungai berinteraksi dengan air laut yang mengandung ion-ion garam sehingga lumpur mengalami koagulasi dan mengendap.

Sumber : Kitab Kimia kelas XI; Penulis : Unggul Sudarno; Penerbit : Erlangga





Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Kolom komentar terdapat opsi anonim