Laman

2 May 2016

Mengapa santan dapat menggumpal setelah didinginkan


Mengapa santan dapat menggumpal setelah didinginkan
Sebuah soal yang masih menjadi pertanyaan bagi penulis pada khususnya sampai saat postingan ini dipublikasikan. Oke, disini akan diberikan jawaban berdasarkan pengetahuan saya atas peristiwa tersebut, santan termasuk sistem koloid jenis “Emulsi” dengan fase terdispersi berupa zat cair, sedangkan medium pendispersinya adalah zat cair. Nah, seperti yang kutip dari sebuah buku yang pernah saya baca, salah satu ciri koloid adalah tidak memisah jika didiamkan, lalu bagaimanakah santan bisa menggumpal setelah didinginkan? Salah satu sifat koloid adalah Koagulasi, Koagulasi adalah peristiwa pengendapan dan penggumpalan partikel-pertikel koloid.
Mungkin saja santan dapat mengendap atau menggumpal karena adanya peristiwa koagulasi dengan cara mekanik  (pengadukan, pemanasan dan pendingian) dan disamping itu santan juga memiliki kadar lemak yang cukup tinggi yang mengakibatkan fase terdispersi terpisah dari medium pendispersinya yang disebabkan karena hilangnya kestabilan untuk mempertahankan partikel agar tetap tersebar di medium pendispersinya pada saat pendinginan berlangsung yang mengakibatkan santan itu menggumpal.

Ingat!! Saya masih ragu-ragu dengan jawaban diatas. Melalui postingan ini saya berharap anda dapat memberikan pembenaran atas jawaban diatas jika jawaban tersebut salah, silahkan berikan jawaban anda dikolom komentar baik berdasarkan sudut pandang Biologi, Kimia, Fisika maupun yang lainnya.





Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Kolom komentar terdapat opsi anonim