Laman

14 February 2017

SEDEKAH BUMI DI SENDANG TEMONGKO

SEDEKAH BUMI DI SENDANG TEMONGKO

Masyarakat Dusun Semerek, Desa Sendang Agung, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan berbondong-bondong dan berkumpul di area pemandian umum yang dikenal dengan ” Sendang Temongko “ dalam rangka sedekah bumi. Di sana terdapat beberapa tempat pemandian (sendang) yang sampai saat ini sumber airnya masih terjaga dengan baik dan mengalir lancar. Hal ini di karnakan kepedulian warga sekitar dalam melesrarikan peninggalan para leluhur.

Beberapa diantaranya seperti, pemandian umum khusus laki- laki atau warga setempat menyebutnya sumur planangan, pemandian umum khusus perempuan atau di sebut Sumur Wedok, ada juga sumur pengangson yang merupakan sumur peninggalan Sunan Sendang, juga sumur khusus untuk pemandian hewan, dan beberapa mata air yang ditampung dan dialirkan ke rumah- rumah warga.
Semuanya masih difungsikan dan terawat dengan baik oleh warga setempat untuk keperluan mereka sehari-hari seperti mandi, memandikan hewan, air minum tanpa mengurangi keasliannya. 

Selain untuk melestarikan adat masyarakat, adapun tujuan dari acara turun temurun ini yaitu bertujuan untuk mempererat keakraban sesama warga semerek khususnya. Budaya semacam ini sudah menjadi sebuah kegiatan wajib tahunan bagi warga Dusun Semerek.

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Kolom komentar terdapat opsi anonim