Laman

11 February 2017

Resume Video Studio code

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membagikan postingan tentang Resume video dari http://  studio. code. org , resuman ini merupakan salah satu tugas ospek di jurusan Teknik Informatika.
Silahkan disimak resumannya :
Pengantar Ilmu Komputer
Diera modern ini, ilmu komputer diperlukan dan hampir setiap orang menggunakan bahkan bergantung pada hal-hal yang berhubungan dengan ilmu komputer. Contohnya seperti game, musik dan lain-lainnya. Dengan memiliki ilmu komputer seseorang dapat mempengaruhi dan juga bisa menguasai dunia.
Didalam ilmu komputer terdapat pemrograman  komputer. Pemrograman  komputer ini sangat sederhana, tetapi untuk mendapatkan hasil akhir yang di inginkan dalam kegiatan pemrograman, maka kita harus mengikuti langkah-langkahnya secara tepat dan benar.
Dalam belajar ilmu komputer kita dituntut untuk memiliki pemikiran yang luas layaknya sebuah kuas dan juga harus mempunyai rasa tangung jawab yang besar. Untuk mempelajari ilmu komputer maka hal pertama yang harus dipelajari adalah kita harus mengerti apa itu ilmu komputer, apa itu ilmuwan komputer serta tahu apa yang dilakukannya. Sehingga pada akhirnya dapat membuat encoding dengan menggunakan inisial diri sendiri. Belajar ilmu komputer sebenarnya adalah kegiatan yang menyenangkan jika kita sudah memahami teknik dan konsepnya dengan baik.
Berpikir Secara Komputasi
Berpikir secara komputasi bertujuan supaya seseorang dapat memecahkan masalah yang sulit dengan menggunakan teknik yang berhubungan dengan ilmu komputer, sehingga masalah tersebut dapat dipecah menjadi masalah yang lebih sederhana dan dapat terselesaikan, oleh karena itu setiap orang harus memiliki kemampuan berpikir secara komputasi.
Berpikir secara komputasi menggunakan 4 langkah berpikir, diantaranya adalah :
1.      Dekomposisi
2.      Pola
3.      Abstraksi
4.      Algoritma

Pemrograman Grafik Diatas Kertas
Pemrograman grafik di atas kertas adalah cara membuat gambar atau grafik tertentu hanya dengan menggunakan anak panah dan gambar. Contoh pembelajaran kegiatan ini : satu orang hanya diberi sebuah kertas grafik dan harus menggunakan simbol tertentu, seperti; simbol gerak satu kotak kedepan, simbol gerak satu kotak kebelakang, simbol gerak satu kotak kebawah, simbol gerak satu kotak keatas, simbol ganti warna dan simbol isi kotak dengan warna.

Algoritma
Belajar algoritma sangat penting dalam ilmu komputer, karena algoritma merupakan salah satu dasar yang harus dikuasi jika kita ingin menyelesaikan masalah secara terstruktur dalam ilmu komputer. Pembelajaran pada bagian ini terdiri dari 2 bagian, yaitu :
1.      Penggunaan tangram (berupa potongan puzzle).
2.      Siswa melipat kertas dalam bentuk yang berbeda, seperti melipat kertas persegi panjang yang identik.
Dari pembelajaran diatas kemudian siswa diharapkan mendapatkkan hasil akhir yang sesuai dengan apa yang sudah dipelajarinya.
 Fungsi
Fungsi dapat didefinisikan sebagai serangkaian langkah-langkah terencana yang dilakukan lebih dari satu kali. Setelah langkah-langkah tersebut ditentukan secara jelas, maka langkah-langkah tersebut akan memanggil program yang sudah dibuatnya. Kegiatan ini memberikan pengenalan terhadap variabel, fungsi dan pemrograman secara keseluruhan.

Kondisi
Pemrograman ini dikenal dengan pemrograman menggunakan kartu dan pemrograman ini bermanfaat untuk segala usia. Kita dapat menggunakan “kondisi” untuk membuat suatu program diatas kertas, dengan menggunakan kartu remi yang dipilih secara acak dalam kegiatan ini. Misalnya : jika (if) menyatakan “jika (if) kartu yang anda tarik lebih besar dan anda mendapat lebih, dan  jika tidak maka lawan anda yang akan mendapat 1 poin”. Pernyataan jika (if) ini untuk mengetahui apakah pernyataan tersebut benar atau salah. Inilah yang dinamakan kondisi dan ini dapat digunakan dengan menggunakan cara yang berbeda.

Menulis Lagu
Menulis lagu merupakan salah satu kegiatan yang cukup menarik untuk sebagian besar orang, dan ketika seseorang menulis sebuah lirik lagu maka dapat disebut sebagai sebuah kursus dan kegemaran.

Abstraksi
Pada bagian abstraksi menggunakan konsep mad libs, suatu konsep di-mana ada sebuah titik-titik pada sebuah cerita dan titik-titik tersebut harus di isi, titik-titik tersebut dapat diisi dengan kata-kata yang berbeda.
Misalnya :  (a) First you take your..... (b) Next, press some......
Ketika seseorang dapat menentukan perubahan atau mengisi titik-titik tersebut dengan kata baru maka akan ada perubahan pada hasil akhirnya. Satu fungsi dapat menyelesaikan banyak masalah yang berbeda. Banyak orang yang menggunakan dan membuat fungsi yang berbeda tanpa menyadari bahwa dalam fungsi tersebut ada perbedaan kecil, dan jika dapat menemukan perbedaan kecil tersebut maka mereka dapat menggunakan fungsi yang sama secara terus-menerus, tanpa harus membuat 14 fungsi yang berbeda.

Pemrograman Relay
Pemrograman relay disebut juga dengan pemrograman estafet. Kegiatan ini merupakan cara yang paling baik untuk mendapatkan ide dan me-munculkan sikap kerjasama dalam tim serta menumbuhkan rasa berhati-hati.
Pemrograman ini seperti halnya permainan estafet, dimana setiap orang mempunyai tanggung jawab besar dalam tim dan setiap orang harus mengkoreksi pekerjaannya sendiri dan juga pekerjaan orang lain. Kegiatan ini melatih untuk berhati-hati dalam melakukan apapun khususnya berhati-hati dalam coding.

Internet
Ketika membahas soal internet maka tidak akan terlepas dengan pokok bahasan wifi (Internet Wirelles), DSL dan Serat Optik. Didalam kegiatan ini siswa harus berpura-pura menjadi wifi, DSL dan serat optik dalam pengiriman sebuah pesan.
 Siswa yang mewakili wifi harus mengirim pesan dan mentransmisikannya diatas kepala, informasi yang dibawa oleh wifi ini kemungkinan jatuh atau hilang. Siswa yang mewakili DSL, mereka akan membawa pesan pada bagian belakang tangan mereka, dan pesan yang dibawa oleh DSL ini kemungkinan untuk kehilangan pesan lebih kecil dari pada wifi. Dan bagi siswa yang me-wakili serat optik akan membawa pesan dengan menggunakan kedua tangan mereka, sehingga informasi yang dibawa oleh serat optik kemungkinan besar sangat sulit untuk jatuh atau hilang. Ketiga kegiatan inilah bertujuan agar siswa dapat mengetahui cara kerja internet dalam mengirim pesan atau data.

Penutup
Kegiatan pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok ditugaskan untuk mengetahui konsep dalam pemrograman, seperti algoritma. Tidak ada batasan usia dalam belajar pemrograman dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Raih mimpi untuk menciptakan aplikasi dan  program terbaik untuk membantu orang atau hanya ingin menjadi bintang pemecah masalah.  


M.SONI SETIAWAN
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Kolom komentar terdapat opsi anonim