Laman

5 November 2013

Start Pendek, Start Menengah, Start Panjang


Start Pendek, Start Menengah, Start Panjang
Sebelum kita membahas apa itu start pendek, start menengah maupun start panjang. Saya akan membahas tentang lari jarak pendek (sprint).

Lari jarak pendek (sprint) adalah semua perlombaan lari dimana peserta berlari dengan kecepatan penuh/maksimal sepanjang jarak yang harus ditempuh. Kelangsungan gerak pada sprint secara teknik sama, kalau ada perbedaan hanyalah terletak pada penghematan penggunaan tenaga karena perbedaan jarak yang harus ditempuh. Makin jauh jarak yang harus ditempuh, makin membutuhkan daya tahan yang besar. Nomor-nomor pada lari jarak pendek yaitu : 100 m, 200 m, dan 400 m. Dengan lebar lintasan 1,22 m, dan tinggi tiang finish 1,50 m.

Dalam lari jarak pendek mengunakan start jongkok. Start jongkok dibagi menjadi 3 macam start yaitu :
1. Start pendek (bunch start) 
2. Start menengah (medium start) 
3. Start panjang (long start)  

START PENDEK (BUNCH START)
Start pendek adalah lutut kaki belakang (kaki kiri) diletakkan didepan ujung kaki depan (kaki kanan) dengan jarak satu kepal jari-jari tangan rapat dan ibu jari terpisah.

START MENENGAH (MEDIUM START)
Start menengah adalah lutut kaki belakang (kaki kiri) diletakkan sejajar dengan ujung kaki depan (kaki kanan) dengan jarak satu kepal jari-jari tangan rapat dan ibu jari terpisah.

START PANJANG (LONG START)
Start panjang adalah lutut kaki belakang (kaki kiri) diletakkan dibelakang tumit kaki depann (kaki kanan) dengan jarak satu kepal jari-jari tangan rapat dan ibu jari terpisah.

8 comments:

Kolom komentar terdapat opsi anonim