Laman

18 April 2016

Jelaskan Hubungan Seni, Sains dan Teknologi


“Jelaskan hubungan seni, sains dan teknologi serta berikan contohnya?”
Suatu soal yang sering muncul didalam ujian mata pelajaran seni budaya kelas XII.  Soal ini sebelumnya belum pernah dibahas dalam kegiatan belajar mengajar dikelas saya. Soal ini sebenarnya adalah sebuah soal pemahaman dan penalaran, jadi anda bisa menjawabnya dengan mengarang bebas sesuai dengan pengetahuan yang anda miliki, terkecuali didalam konteks karya ilmiah maka anda harus melakukan penelitian dan observasi terlebih dahulu.
Ketika berbicara tentang sains maka tidak akan terlepas dari mempelari hal-hal yang berhubungan dengan alam atau yang ada dialam. Lalu bagaimanakah hubungan antara sains, teknologi dan seni ??
Hubungan antara ketiganya sangat erat, saling membutuhkan dan saling mempengaruhi, karena ilmu sains mempelopori penemuan-penemuan teknologi, adanya teknologi didukung dengan adanya perkembangan ilmu sains, disamping itu dengan adanya perkembangan teknologi juga akan memicu berkembangnya pengetahuan-pengetahuan yang baru. Jika ilmu sains tidak ada mungkin teknologi juga tidak akan berkembang. Bisa anda bayangkan teknologi yang bagaimanakah itu?
“Sains sendiri merupakan sebuah ilmu yang mempelajari alam semesta beserta isinya, sedangkan teknologi merupakan sarana pendukung untuk umat manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup” – dikutip dari Duniapelajar[dot]com.
Hubungan sains dan teknologi dapat menghasilkan suatu produk atau jasa yang bermanfaat bagi manusia, disinilah menurut saya peran seni dibutuhkan untuk menambah daya tarik suatu produk atau jasa tersebut, sentuhan seni juga bisa menambah nilai jual produk atau jasa itu sendiri. Suatu produk akan terlihat biasa saja jika tidak ada sentuhan seni, walaupun produk tersebut canggih. Contoh hubungan antara seni, sains dan teknologi adalah dalam hal arsitektur, desain produk, peralatan-peralatan rumah tangga dan lain-lain sebagainya.
Demikian pendapat saya mengenai hubungan ketiganya, silahkan sampaikan pendapat atau argumen anda dikolom komentar mengenai hubungan antara teknologi, sains dan seni.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Kolom komentar terdapat opsi anonim