Laman

3 March 2017

WAHANA MUSEUM ISLAMIC ART

WAHANA MUSEUM ISLAMIC ART
KABAR PACIRAN - Wisata Bahari Lamongan (WBL) kembali meluncurkan wahana edukasi baru bagi pengunjung. Kali ini wahana yang diluncurkan dinamakan 'Museum Islamic Art' yang menampilkan berbagai peninggalan sejarah Islam.
Museum yang resmi dibuka tanggal 28 Desember 2016 dan satu-satunya di indonesia itu juga dikemas dengan teknologi tiga dimensi (3D). Sehingga pengunjung selain bisa melihat juga bisa mengambil gambar 3D dengan cukup mengambil kode barcode yang ada di gambar museum.
Sebelum masuk pengunjung diberikan penjelasan penggunaan aplikasi Indonesian Islamic Art Museum bisa di download di Google Playstore untuk android. "aplikasi Museum ini Berbasis Teknologi Augmanted Reality, yang berfungsi untuk men-scan gambar yang berkode di dalam museum," kata Manajer Museum, Yulianto.
Ia menambahkan, pendirian museum tersebut untuk mengenalkan sejarah Islam pada zaman dahulu. "Terutama untuk pelurusan terhadap banyaknya tayangan sinetron tentang Islam yang banyak menyimpang," lanjutnya.
Museum sendiri terbagi dalam tiga zona. Untuk zona pertama ada ruangan Theater, di ruangan ini ada pemutaran film sejarah islam dunia yang berdurasi 15 menit. Sedangkan zona kedua menampilkan koleksi sejarah Islam masa kerajaan Ottoman, Masa Kerajaan Islam Mughal India, Kerjaan China Dinasti Ming, dan penyebaran agama islam di Tanah Air Indonesia. "Di zona ini inti dari museum yang diperuntukkan untuk edukasi," kata pemandu museum, Karim.
Dan Zona terakhir yang lebih menekankan hiburan dengan menampilkan diorama yang banyak dimanfaatkan untuk berfoto pengunjung.
Tujuan pendirian museum islam di WBL ini untuk lebih mengenal sejarah sebelum islam dan sesudah islam berjaya serta memperjelas bahwa negara Indonesia adalah negara yang mayoritas muslim pada umumnya, dan juga menunjukan bahwa daerah Paciran adalah daerah pesantren dengan nuansa islam yg kental
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Kolom komentar terdapat opsi anonim